Senin, 13 Juni 2011

Tahitian Noni™ Meningkatkan Kualitas Hidup Gagal Ginjal - Testimoni Hanny Handayani (52)

Meningkatkan Kualitas Hidup

Desember 2005 adalah momen bersejarah bagi Hanny. Bulan itulah dia di vonis menderita gagal ginjal. Hanny seharusnya langsung cuci darah, namun ia menolak dan lebih memilih terapi obat. Akibatnya pada tahun 2006, ia 'kolaps'. Paru-parunya terendam air beracun dan ada flek juga. Ia koma lebih dari sehari dan jantungnya berhenti berdetak sejenak.
Terganggunya fungsi ginjal Hanny mengakibatkan banyak komplikasi: kadar gula darah, asam urat, kolesterol dan kalium dalam tubuhnya tinggi. Tensinya naik turun. Bila sedang naik, Hanny merasa jantungnya berdentam bak tiang pancang. Ia beberapa kali pingsan. Hanny pun mulai cuci darah seminggu dua kali. Kondisi Hanny semakin parah setelah menderita 'payah jantung'. Jalan sedikit saja, ia sudah terengah-engah. Naik beberapa anak tangga, ia sudah lelah. Kemana-mana ia membawa payung untuk menahan tubuh sehingga bisa berpegangan sewaktu-waktu merasa lemas.
Tahun 2009, setelah tiga tahun cuci darah, seorang teman SMU memperkenalkannya pada Tahitian Noni™ Bioactive Beverage (TNBB). Mulanya Hanny ragu-ragu karena TNBB terbuat dari buah noni, sedangkan penderita gagal ginjaltidak boleh sembarangan makan buah. Buah akan meningkatkan kadar kalium dan membuat sesak napas. "Akhirnya saya mencoba mengkonsumsi 5 ml Tahitian Noni™ Bioactive Beverage, dua kali sehari. Awalnya, mungkin karena kadar kalium naik, dada saya terasa agak terjepit walaupun tidak sampai sesak napas," kisah Hanny.
Tahitian Noni™ Bioactive Beverage telah meningkatkan kualitas hidup saya. TNBB memang membawa banyak perubahan. - Hanny Handayani
Selama mengkonsumsi TNBB, Hanny mengalami beberapa healing crisisPertama, dua hari mengkonsumsi TNBB, Hanny diare. Namun anehnya, diare ini justru membuatnya segar, tidak lemas. Perutnya yang besar karena gagal ginjal pun mengempis. Namun beberapa waktu kemudian, Hanny seperti kembali ke titik nol. Perutnya kembali membesar, pinggangnya senut-senut. Healing crisis kedua ini terjadi sekitar lima hari, lalu reda kembali. Setelah itu urine-nya jadi banyak.  Healing crisis ketiga, setelah tiga bulan mengkonsumsi TNBB, ia merasa luar biasa pegal  dari bagian dada sampai ujung jari kanan. Ia juga demam tinggi. Namun ini hanya berlangsung sehari. Esoknya, kondisinya fit lagi. Pada bulan ke-empat Hanny batuk-batuk hebat selama dua minggu, tapi tidak berdahak. Obat batuk apapun tidak mempan. Puncaknya keluar cairan hijau yang tidak berbau. Setelah cairan itu keluar, batuknya langsung berhenti total.
Beberapa bulan mengkonsumsi TNBB juga membuat Hanny lebih ringan menjalani cuci darahnya. Dulu, saat cuci darah, terkadang darah yang sudah dikeluarkan membeku dan sulit dimasukkan lagi. Kini hal itu tak pernah terjadi. Tensi yang kerap turun sewaktu cuci darah pun sekarang stabil. Selain itu, setelah cuci darah, tulang-tulang Hanny biasanya terasa kaku karena kalsiumnya terbuang selama proses itu. Akibatnya ia sulit bergerak. Tapi kini ia bisa menggerakkan tubuhnya pelan-pelan. Jalannya pun cukup tegap. "Suatu hari terjadi gempa kecil, saya harus turun tangga dari kantor di lantai 25! Anehnya, saya tidak terlalu ngos-ngosan. Sampai di bawah, dalam hitungan detik, ritme napas saya normal kembali. Saya juga tidak merasa stress dan tensi tidak naik. TNBB memang membawa banyak perubahan. Hingga sekarang saya tetap cuci darah. Dulu seminggu dua kali, kini berkurang jadi seminggu sekali. Obat jantung dan hipertensi sudah tidak saya konsumsi lagi. Tahitian Noni™ Bioactive Beverage telah meningkatkan kualitas hidup saya. Demi kesehatan saya terus minum TNBB, kini dengan dosis 20 ml, tiga kali sehari."

1 komentar:

  1. Bahwa dalam hidup ini tidak ada yang gagal, kita saja yang telah berhenti untuk mencoba sehingga terpuruk dan tidak menerima yang kita inginkan, meski mudah kalau lewat kata-kata, tapi kalau dijalani dengan sungguh-sungguh pasti akan mudah lebih mudah lagi.

    BalasHapus